tag:blogger.com,1999:blog-66322538589397518782024-03-07T23:29:22.254-08:00MENGAUK REALITA PHATOLOGI BIROKRASIADE DIDIK IRAWAN (CIA.07.0015) (P.4301.11.028)http://www.blogger.com/profile/15885515073452076874noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-6632253858939751878.post-73338517085466502622011-12-10T15:53:00.001-08:002012-08-24T06:30:16.824-07:00menguak realita phatologi birokrasi<span class="fbUnderline"><b> MENGUAK REALITA PHATOLOGI
BIROKRASI</b></span><br />
<br />
<ul>
<li><b>Patologi
maknanya adalah “ilmu mengenai penyakit birokrasi dan kelemahan”
yang melekat dalam birokrasi</b> </li>
<li><b>Birokrasi
itu mestinya baik, </b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b>karena bisa menjamin keteraturan, namun pada
prakteknya ia banyak keburukan</b></li>
<li><b>Birokrasi
itu mestinya penuh</b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b> keteraturan, namun pada prakteknya ketidak
teraturan, sesuai dengan kepentingan dan keadaan birokratnya</b></li>
<li><b>Patologi
birokrasi di indonesia antara lain digambarkan dengan ATURAN DI
ATUR ORANG, </b><b>bukan ORANG DIATUR OLEH ATURAN</b></li>
</ul>
<br />
<br />
<b> PENTINGNYA
BIROKRASI BAIK</b><br />
<br />
<ul>
<li><b>Ada kejelasan
prosedur, lalu dengan prosedur yang jelas itu pemerintah bisa
melaksanakan tugas dengan baik, lalu rakyat dan</b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b> dunia usaha yang
dilayanipun <i>happy</i> </b></li>
<li><b>Birokrasi yang baik
bukan saja</b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b> menguntungkan masyarakat tapi birokrat dan pimpinan
birokrasi dapat bekerja ringan, istirhat tenag dan pensiun dapat
penghargaan dari masyarakat.</b></li>
</ul>
<br />
<br />
<b> BIROKRASI
BAIK PEMERINTAH TERHORMAT</b><br />
<br />
<br />
<ul>
<li><b>Bila
birokrasi dinilai baik maka ada</b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b> kepuasaan kerja karena bisa memenuhi
pelayanan PRIMA.</b></li>
<li><b>Lembaga pemerintah sangat
terbantu untuk menjaga kualitas pelayanan dan menghindari demonstrasi
DESTRUKTIF</b></li>
<li><b>Personil pemerintahan sangat
terbantu oleh </b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b>prakarsa masyarakat, karena kepercayaan itu mahal harganya</b></li>
</ul>
<br />
<br />
<b> BAGAIMANA
BIROKRAKSI DI SEBUT BAIK</b><br />
<br />
<br />
<ul>
<li><b><i>Effective</i>
dan <i>efisien government</i>: menggunakan sumberdaya optimal, dengan
hasil yang terbaik, pemerintah bisa lebih banyak melayani masyarakat
dan mensukseskan pembangunan</b></li>
<li><b><i>Responsible
government:</i>memiliki tanggungjawab</b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b> kepada masyarakat umum,
sebaliknya masyarakat akan merasa puas (<i>satisfied)</i> birokrasi
mau sedikit berkorban untuk masyarakat</b></li>
<li><b><i>Transparent
government:</i> sifat pelaksanaan yang</b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b> terbuka, memberi akses yang
wajar kepada masyarakat lewat tokoh-tokoh mereka dan masyarakat secara
terbuka. Dapat diakses </b></li>
</ul>
<b> ADA TIGA
MACAM STRATEGI;</b><br />
<br />
<br />
<ul>
<li><b>BEHAVIORALIS:
pendekatan dengan menggunakan ilmu prilaku individu menyangkut hal
kepemimpinan, motivasi kerjasama</b></li>
<li><b>INSTITUSIONAL:
Pendekatan dengan ilmu organisasi penataan kelembagaan, menata
struktur, penataan STANDARD PELAYANAN PUBLIK.</b></li>
<li><b>PENDEKATAN
SOSIAL: menggunakan mekanisme</b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b> sosial untuk memperoleh dukungan misalnya
dari tokoh masyarakat, LSM atau perguruan tinggi.</b></li>
</ul>
<br />
<br />
<b> PENDEKATAN
KELEMBAGAAN COCOK</b><br />
<br />
<br />
<ul>
<li><b>Alasannya
ia akan bisa meningkatkan individu untuk bekerja sesuai TUPOKSI,
merangsang mekanisme kerja yang baik, dan meletakkan kerangka kerjasama
antar elemen di daerah</b></li>
<li><b>Pendekatan
kelembagaan lebih menjamin kelangsungan perbaikan, serta lebih sitemik,
termasuk pendekatan kelembagaan ialah </b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b>mempermodern institusi birokrasi
dengan inovasi dan penggunaan IT dalam birokrasi</b></li>
</ul>
<br />
<b> SURVEI
MUTAKHIR TENTANG BIROKRASI MENGATAKAN ….</b><br />
<br />
<ul>
<li><b>BIROKRASI<i>
WELL PLANNED, BAD IN IMPLEMENTATION.</i></b></li>
<li><b>Birokrasi
kita punya banyak rencana yang baik, tapi kesulitan untuk melaksanakan
rencana itu.</b></li>
<li><b>Pemerintah mengkalim sudah</b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b> berbuat
banyak tapi bagi masyarakat itu omong kosong. Hal tersebut dikarenakan
belum adanya ukuran baik buruk</b></li>
<li><b>Pemerintah
bekerja atas prosedur, sedang masyarakat meminta pemerintah sebagai
kumpulan malaikat.</b></li>
</ul>
<br />
<b> TIGA
PILAR STRATEGI REFORMASI BIROKRASI</b><br />
<br />
<ul>
<li><b>Faktor
pemerintah komitmen pusat SDM daerah kualitas birokrasi</b></li>
<li><b>PERDA
pelayanan</b><span lang="EN-US" style="color: black; font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt;">makalah adedidikirawan</span><b> publik tekanan politik dukungan keuangan komunikasi dgn
rakyat</b></li>
<li><b>Perencanaan fasilitasi evaluasi dan
monitoring</b></li>
</ul>
<br />
<b> ANATOMI
DAN ELEMEN POKOK BIROKRASI</b><br />
<ol>
<li><b> </b><b></b><b>Struktur organisasi birokrasi</b><b> </b></li>
<li><b></b><b>Visi dan misi organisasi birokrasi </b><b> </b></li>
<li><b></b><b>Pejabat birokrasi:</b></li>
</ol>
<ul>
<li><b>Sistem
rekuretmen birokrasi</b></li>
<li><b>Sistem karir
dalam jabatan</b></li>
<li><b>Pendidikan dan
latihan untuk PNS</b></li>
</ul>
<ol>
<li><b>4. Fasilitas pendukung birokrasi</b></li>
</ol>
<ul>
<li><b>Opreasional</b></li>
<li><b>Insentif
kerja</b></li>
<li><b>Administrasi kerja </b></li>
</ul>
ADE DIDIK IRAWAN (CIA.07.0015) (P.4301.11.028)http://www.blogger.com/profile/15885515073452076874noreply@blogger.com0